Resep dan Cara Memasak Udang Saus Padang

KanalResep.com -- Menyajikan masakan udang saus padang seenak di restoran sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Artikel ini akan membahas mengenai resep udang saus padang yang sangat sederhana dan perlu sekali untuk anda coba. Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak udang saus padang ini juga mudah sekali di dapatkan di pasar-pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Mengolah masakan sendiri di rumah tentu akan menjamin kebersihan dan kesehatan keluarga anda. 

Selain itu, masakan rumah adalah masakan terbaik yang sangat ditunggu-tunggu oleh anggota keluarga anda. Untuk memulai memasak udang saus padang ini, anda tidak perlu mengupas kulit udang, anda cukup mencucinya sampai bersih, lalu langsung saja diolah. Sedikit tips ketika memasak udang, sebaiknya anda memilih udang yang masih segar.


 Bahan-bahan untuk membuat udang saus padang adalah 500 gr udang berukuran sedang, cucilah hingga bersih. Daun bawang sebanyak 3 batang, lalu iris tipis-tipis. 5 cm lengkuas yang sudah dimemarkan, daun jeruk 3 lembar, dan 3 sendok makan minyak goreng. Untuk membuat bumbu halusnya bahan yang perlu anda siapkan adalah 8 buah cabai merah besar, bawang merah 6 butir, bawang putih 4 siung, 2 cm kunyit, 2 buah tomat, 2 cm, dan garam secukupnya. Haluskanlah bumbu-bumbu ini, kemudian sisihkan.

Cara memasak udang saus Padang ini juga sangat mudah. Pertama, panaskan minyak untuk menumis, kemudian masukkan bumbu halus, tumis bumbu sampai harum. Selanjutnya, masukkan daun jeruk dan jahe. Setelah itu, masukkan udang yang sudah dibersihkan, masak sampai udang berubah warna, tambahkan bawang, dan angkat segera. 

Terakhir, sajikan selagi masakan masih hangat. Memasak udang ini tidak membutuhkan waktu lama. Dalam waktu sekitar 5-7 menit saja, udang saus padang ini sudah siap anda sajikan. Untuk orang-orang yang memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi, udang menjadi salah satu makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi, jadi jika memang benar-benar tergiur, sebaiknya anda mengkonsumsinya dalam porsi yang sedikit. Nah, demikianlah penjelasan mengenai cara memasak dan resep udang saus Padang. 

( BACA JUGA : Resep dan Cara Membuat Ayam Balado Padang )

close
close