Paduan Soto Dan Rawon Dalam Resep Pindang Kudus



KanalResep.com -- Untuk beberapa orang yang telah merasakan pindang kudus pasti akan berkomentar bahwa makanan ini merupakan perpaduan antara soto dan rawon.  Karakter yang dimiliki masakan pindang dari Kota Kudus adalah percikan rasa gurih-gurih dengan tambahan aksen manis yang berkarakter lembut.  Rahasia resep pindang kudus adalah dengan mengukur secara tepat komposisi dari bahan bumbunya.

Karena menu makanan ini memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi yang dipengaruhi oleh bumbunya. Walaupun terdengar sulit, pada dasarnya mudah saja untuk membuat olahan pindang ini. Kunci lain untuk kesuksesan memasak pindang ini adalah manajemen selama proses memasak yang sangat penting untuk diperhatikan.


Untuk membuat pindang kudus ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Untuk bahan dari bumbunya sendiri, persiapkan 400 gram daging sandung lamur, 2 liter air, 15 gram melinjo, 2 lembar daun salam, lengkuas  yang sudah dimemarkan sebelumnya, 5 sendok teh garam, 2,5 sendok teh gula merah yang sudah disisir, kemudian 1 sendok teh air asam dengan paduan 1 sendok teh asam jawa dengan 1 sendok makan air, 250 ml santan, serta 2 sendok makan minyak yang digunakan untuk menumis. Untuk bahan dari bumbu halus siapkan 8 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 buah kluwek yang sudah diseduh, setengah sendok teh terasi yang sudah digoreng, serta 1 sendok teh ketumbar.

Proses pengolahan resep pindang kudus ini dimulai dengan merebus daging sandung lamur yang sudah disiapkan dengan air sampai matang. Setelah daging rebusan sudah matang, angkat dan ukur sampai 1,5 liter air kaldunya. Setelah itu, mulailah menumis. Panaskan minyak kemudian bahan-bahan dari bumbu halus tadi seperti daun salam dan lengkuas ditumis sampai mengeluarkan bau harum. 

Setelah aroma dari bumbu sudah dapat dirasakan, angkat dan tuangkan ke dalam rebusan daging. Proses berikutnya adalah menambahkan garam, gula merah, serta air asam yang kemudian dimasak sampai mendidih. Masukkan air santan dan daun melinjo, lanjutkan proses memasak sampai seluruh paduan bahan menjadi matang. bahan-bahan tersebut dapat disajikan menjadi 6 porsi.
Silakan share ke facebook Anda agar makin banyak yg tahu resep langka ini. :)

close
close