Resep Masakan Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado

KanalResep.com -- Kuliner Manado merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang setiap masakannya memiliki rasa pedas. Ikan kakap merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh anda. Orang-orang Manado mengolah Ikan Kakap Woku Balanga menjadi sebuah makanan yang nikmat dan patut untuk anda coba. Tidak terlalu susah untuk membuat ikan woku balanga khas manado seenak yang ada di restoran-restoran mewah. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai resep ikan Woku Belanga Manado sekaligus bagaimana cara membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masakan khas manado ini adalah 1 kg ikan kakap, cuci bersih, dan potong-potong. 1 ruas jahe yang kemudian ditumbuk halus, dan satu sendok makan air perasan jeruk nipis. Selanjutnya bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu ikan woku balanga manado ini adalah 1 ruas jahe merah, kunyit, kemiri sebanyak 3 butir, 15 buah cabe rawit pedas. Bumbu-bumbu ini harus dihaluskan, kemudian disisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, dibutuhkan juga 1 batang daun bawang yang diiris tipis-tipis, 1 batang serai yang dimemarkan, daun jeruk sebanyak 5 lembar yang dipotong halus, 1 lembar daun kunyit yang juga dipotong halus, daun kemangi sebanyak 10 lembar, 5 sdm minyak untuk menumis, dan yang terakhir adalah air matang atau air mineral sebanyak 250 cc.

Cara membuat Ikan Woku Belanga Manado juga tidak terlalu sulit. Pertama, ikan yang telah dibersihkan dilumuri dengan jahe halus dan air perasan jeruk nipis, diamkan kurang lebih selama 10 menit untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Panaskan air, tumis bumbu halus sampai harum kira-kira 2 menit, masukkan daun bawang, serai, daun kunyit, dan daun jeruk, aduk sebentar sampai berbau harum.

Kemudian masukkanlah potongan ikan, aduk sebentar agar bumbu dapat meresap pada ikan, tutup, dan tunggu sekitar 3 menit. Selanjutnya masukkan air, dan aduk kembali agar rata. Masukkan daun kemangi dan tambahkan garam secukupnya. Masaklah hingga ikannya matang, kira-kira sekitar 5 menit. Terakhir, angkat dan sajikan selagi masih hangat. Nah, demikianlah resep ikan woku belanga Manado yang cukup mudah dan sederhana untuk anda coba di dapur anda. (kanal resep)
close
close