Resep Ayam Bakar Kecap Pedas Manis Spesial Enak Mudah

KanalResep.com -- Cara Membuat Resep Ayam Bakar Kecap Pedas serta Manis Yang Mudah serta Praktis. Berbagai macam hidangan biasanya disajikan untuk menemani malam penggantian tahun, salah satunya yang paling popoluer ialah ikan bakar, jagung bakar alias ayam bakar. Karena ayam telah menjadi salah satu resep kuliner yang sangat terkenal di Indonesia, hari ini kita akan memperlihatkan resep ayam bakar kecap pedas manis. Ya, buat yang suka dengan citarasa pedas, gabungan gurihnya ayam bakar dengan bumbu ayam bakar pedas serta rasa manisnya kecap alamiah benar benar menggugah selera makan. Teman kawan tak butuh khawatir, tutorial membikin serta membakar ayam kecap bumbu pedas manis ini lumayan mudah serta gampang kok. Walaupun citarasa nya telah pedas, resep kuliner ayam bakar manis pedas ini juga sempurna sekali untuk dinikmati bersama sambal ayam bakar spesial favorit masing masing alias cuma sekedar sambal kecap yang sederhana.


Sebenarnya, agenda bakar ayam alias bakar ikan di malam penggantian tahun bukan ialah tradisi adat orisinil bangsa kita. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman, agenda kumpul kumpul bersama kawan sahabat alias keluarga besar ini telah menjadi salah satu kegiatan yang tak sedikit sekali dilakukan oleh masyarakat negara kita. Biasanya, sambil menantikan detik detik menjelang penggantian tahun, kita biasanya menyiapkan hidangan untuk dinikmati bersama. Resep ayam bakar kecap pedas ini dapat menjadi salah satu menu kuliner ayam yang dapat kita persiapkan menjelang detik detik penggantian tahun nanti. Selain citarasanya yang telah tak diragukan lagi sebab memakai beberapa bumbu ayam bakar pedas manis yang bersumber dari rempah rempah tradisional, resep kuliner ayam bakar kecap dengan bumbu pedas serta manis ini juga sangat mudah membuatnya. Tidak butuh menjadi seorang chief alias koki untuk dapat membikin hidangan spesial malam tahun baru nanti.

Bahan bahan serta bumbu yang dipakai untuk membikin kuliner ayam bakar pedas manis ini sebetulnya tak terlalu tak sama dengan resep ayam bakar kecap yang telah sempat kita  berbagi di sini. Bahan serta rempah yang dipakai juga tak tidak sama jauh dengan resep ayam bakar kalasan, ayam bakar sunda alias yang lainnya. Cuma terbukti ada beberapa komposisi bahan serta bumbu resepnya yang ditambah alias dikurangin untuk memperlihatkan citarasa spesial serta tak sama dengan resep kuliner ayam yang dibakar yang lain. Asal komposisi jumlah bahan bumbu yang dipakai sempurna serta mengikuti trik tutorial membikin ayam bakar kecap pedas yang kita berikan, seorang remaja putra pun dengan mudah dapat membikin resep kuliner ayam spesial untuk menu penggantian tahun nanti.

Seperti juga resep ayam kalasan, ayam bakar taliwang alias resep ayam lainnya, pemilihan daging ayam yang akan dipakai menjadi salah satu hal penting untuk membikin resep kuliner Indonesia ini rasanya enak serta lezat. Selain itu, pemilihan kecap manis alias kecap pedas yang akan dipakai untuk membikin bumbu ayam bakar kecap pedasnya juga wajib benar benar diperhatikan. Gunakan kecap kental nilai keren agar rasanya kelak benar benar otentik serta lezat. Karena resep ayam bakar pedas manis ini kelak telah diolah terlebih dahulu, ketika membakar alias memanggang ayamnya tak butuh terlalu lama. Cukup sebentar saja untuk memunculkan bau khas bakaran. Satu trik yang wajib diperhatikan untuk membikin ayam bakar yang enak serta lezat yaitu ketika proses pembakaran daging ayam sesekali diolesi sisa bumbunya serta dibalik agar matangnya merata serta bumbunya meresap hingga ke dalam daging yang paling dalam.

Bahan bahan Membuat Resep Ayam Bakar Kecap Pedas
Bahan mutlak yang  diperlukan ialah ayam yang segar ukuran sedang besar sebanyak 1 ekor. Sebaiknya memakai ayam kampung agar hasilnya lebih joss, namun dapat juga memakai ayam potong asal kondisinya tetap segar.
Daun salam tak lebih lebih sebanyak 3 pcs saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
Air asam jawa tak lebih lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
Kecap manis kental nilai premium. Bisa juga memakai kecap pedas manis agar citarasa lebih pedas.

Air bersih secukupnya alias tak lebih lebih sebanyak 0.3 liter saja.
Bahan Bumbu Ayam Bakar Pedas Manis Kecap
Buah cabai merah keriting segar tak lebih lebih sebanyak 8-10 pcs. Bisa ditambahkan alias dikurangi selera.
Buah cabai merah keriting yang segar secukupnya sesuai selera alias tak lebih lebih sebanyak 7-9 buah.
Bawang putih ukuran sedang besar tak lebih lebih sebanyak 4 pcs saja. Kupas kulit bawangnya lalu potong menjadi beberapa bagian agar mudah ketika akan diuleg.
Bawang merah ukuran sedang besar tak lebih lebih sebanyak 5 pcs. Kupas kulit luarnya lalu iris iris agar mudah ketika akan diuleg nantinya.
Lengkuas ukuran sedang besar tak lebih lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa saja. Potong potong agar mudah ketika akan diuleg nantinya.
Kunyit ukuran sedang besar tak lebih lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa. Kupas kulit luarnya sebelum dihaluskan.
Ketumbar agar bau serta rasanya lebi gurih tak lebih lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
Jahe ukuran sedang besar tak lebih lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa saja.
Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Peda Manis Beserta Tipsnya

Langkah pertama potong ayam yang akan dipakai sebanyak 4-6 potong kemudian cuci bersih dengan air mengalir hingga benar benar bersih.
Haluskan beberapa macam bahan bumbu diatas, semacam jahe, kunyit, kemiri, cabai, lengkuas serta lainnya hingga benar benar halus. Bisa diblender alias disarankan diuleg dengan cara manual agar bau serta rasanya kelak keluar.
Ambil satu wadah lumayan besar serta masukkan daging ayamnya kemudian lumuri dengan bumbu ayam bakar yang telah dihaluskan diatas hingga merata serta semua bagian daging ayamnya tertutupi bumbunya.

Diamkan selagi tak lebih lebih 30 menit hingga 40 menit agar bumbunya meresap. Disarankan untuk meletakkan di dalam lemari pendingin agar kesejukan daging ayamnya terjaga.
Setelah bumbunya meresap, siapkan panci dengan api sedang serta masukkan air bersih, lengkuas, daun salam serta air asamnya. Masak hingga daging ayamnya empuk serta bumbunya meresap ke daging serta menyusut airnya. (baca juga kanal resep )

Setelah air bumbunya menyusut serta dagingnya empuk, matikan lalu angkat serta tiriskan sebentar.
Siapkan panggangan, oven alias wajan serbaguna. Bakar daging ayam yang telah dibumbui diatas sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbunya.

Jangan lupa sesekali dibalik agar matang merata kemudian angkat. Ulangi hingga semua daging ayam bakarnya dibakar.

Selesai telah tutorial membikin ayam bakar kecap bumbu pedas manis diatas. Sangat mudah serta praktis bukan untuk menyiapkan hidangan spesial buat malam penggantian tahun nanti. Selain buat agenda malam tahun baru, resep ayam bakar kecap pedas diatas juga dapat disajikan buat menu sehari hari alias ketika menjamu keluarga alias tamu spesial yang datang ke rumah. Walaupun dapat dibilang bumbu ayam bakar serta tutorial membakar ayamnya sederhana, soal rasa tak kalah lho jikalau dibandingkan dengan ayam bakar wong solo alias yang lainnya. Untuk inspirasi resep kuliner ayam enak serta lezat yang lain, silahkan mencoba Resep Ikan Bakar Bumbu Spesial alias Cara Membuat Ayam Bakar Khas Sunda.
close
close