Bosan Dengan Bacem Tempe, Rasakan Nikmatnya Resep Bacem Babat Iso



KanalResep.com -- Begitu mendengar kata bacem, semua orang akan mengidentikan kata tersebut dengan proses olahan tempe dan tahu. Bacem sendiri memiliki makna yang luas dan bisa dikombinasikan dengan berbagai macam bahan. Bahan tersebut bisa berupa daging atau jeroan hewan. Walaupun dapat menyebabkan asam urat, olahan jeroan masih sangat digemari oleh banyak kalangan.   Seperti babat dan iso, resep bacem babat iso bisa dengan mudah diaplikasikan di rumah sebagai menu sehari-hari. Namun, tetap perhatikan frekuensi konsumsi olahan jeroan hewan sebagai menu makanan, jangan sampai berlebih dan membawa penyakit bagi orang yang menyantapnya.

Untuk bisa merasakan rasa mantap dari bacem babat iso ini, ada baiknya jika membuat olahannya sendiri agar lebih ramah terhadap kesehatan. Karena bahan yang dipilih pastilah yang terbaik.

Untuk membuatnya tergolong cukup mudah, bahan-bahannya terdiri dari 250 gram babat sapi yang sudah dicuci bersih, 250 gram usus sapi, 2 lembar daun salam, lengkuas yang dimemarkan, 1 sendok teh air asam, 2 sendok teh kecap manis, 1 sendok makan gula merah 1 sendok teh garam, 750 ml air kelapa, serta minyak untuk menggoreng. Semua bahan tersebut dilengkapi dengan menambah bahan pembuat bumbu dengan menyiapkan 6 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, serta 1 sendok teh ketumbar. Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah didapatkan, proses pengolahan bacem babat iso bisa segera dimulai.

Mengaplikasikan resep bacem babat iso sangat simpel dan tidak rumit, rebuslah bahan babat sapi dan usus sapi bersamaan dengan 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, yang juga ditambahkan jahe apabila menginginkan aroma yang lebih kuat, lengkuas, dan 1 sendok teh garam dalam 1 liter air. Proses perebusan dilakukan hingga matang, kemudian angkat jeroan tadi dari dalam panci lalu dipotong-potong.  Bahan-bahan bumbu halus kemudian dihaluskan, daun salam, lengkuas, air asam, paduan kecap manis, gula merah, garam, serta air kelapa. Setelah semua bahan tercampur dengan halus, masak bahan jeroan dalam bumbu tersebut sampai meresap. Setelah itu, goreng jeroan hingga kecoklatan dan bacem babat iso siap disajikan.

close
close