Resep Ikan Mas Bumbu Cobek Khas Jawa Barat

KanalResep.com -- Ikan mas adalah salah satu ikan yang sangat favorit di masyarakat. Ikan mas biasanya dibuat ikan mas goreng atau ikan mas bakar. Kali ini saya akan memberikan resep yang berbeda untuk memasak jenis ikan yang satu ini. kali ini saya akan memberikan resep ikan mas bumbu cobek khas dari Jawa Barat. Pasti anda penasaran dan ingin mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya, dan bagaimana cara membuatnya.

Baiklah tanpa basa-basi berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat ikan mas bumbu cobek khas Jawa Barat.

Untuk membuat masakan yang satu ini, bahan yang kita perlukan yaitu bahan utamanya tentu saja ikan mas yang masih segar, lalu ditambah dengan jeruk nipis, garam secukupnya, kemangi yang diambil daunnya saja, dan minyak untuk menggoreng. Untuk sambalnya bahan yang diperlukan yaitu bawang merah yang sudah dibakar, cabai rawit bakar, cabai merah keriting bakar, terasi bakar, kencur, garam, gula pasir, dan air jeruk limau.

Seperti biasa, bahan yang anda siapkan harus disesuaikan dengan jemulah yang akan anda buat agar rasanya tetap nikmat. Dan pastikan untuk memilih bahan-bahan yang masih segar dan alami agar menambah kenikmatan dari cita rasa ikan mas bumbu cobek ini.

Setelah semua bahan sudah siap, mari kita mulai membuatnya. Langkah pertama untuk membuat ikan mas bumbu coke adalah siangi ikan mas yang masih segar tadi hingga bersih, lalu tiriskan dan lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Ketika sudah meresap, mulailah goreng ikan tersebut sampai matang, dan segera tiriskan jika sudah matang.

Lalu haluskan semua bahan untuk membuat sambal yang sudah disiapkan tadi dan tambahkan air jeruk limau supaya sambal menjadi lebih segar dan aduk-aduk hingga rata. Kemudian ikan mas yang sudah digoreng tadi kita letakkan diatas cobek yang berisi sambal penyet hingga sambal menempel pada ikan. Dan ikan siap disajikan. Itulah tadi sekilas mengenai resep ikan mas bumbu cobek khas Jawa Barat.

BACA JUGA : Resep Tongkol Asap Pedas, Enak dan Nikmat

close
close