Resep Ayam Bakar Bumbu Bali yang Lezat

kanalResep.com -- Bali memang terkenal dengan keindahan alamnya yang sampai saat ini masih dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun wisatawan asing. Bali sendiri ternyata tidak hanya memiliki keindahan alam yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, masakan khas bali sendiri juga tidak kalah dalam menggoda selera makan saat disajikan dengan tepat. Ayam bakar bumbu bali bisa menjadi pilihan kuliner yang akan memanjakan lidah anda. 

Kelezatan ayam bakar dengan bumbu khas bali ini tentu tiada duanya. Maka dari itu, bagi anda yang ingin masakan kelezatan masakan ini, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Resep ayam bakar bumbu bali yang tepat akan menghadirkan rasa gurih dan pedas yang pas di mulut. Sehingga penting untuk mengungkap apa saja rahasia dibalik resep ayam bumbu bali ini.Untuk bisa membuat ayam bakar bumbu bali di rumah, bahan yang perlu disiapkan adalah daging ayam 1 ekor, minyak goreng yang digunakan untuk menumis 3 sendok teh saja dan 100 ml air.  Sedangkan untuk bumbu halus, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 3 lembar daun jeruk, 2 batang serai, 2 lembar daun salam, ½ sdt merica bubuk, ½ pala bubuk, 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 6 butir kemiri, 10 cabe merah, kencur, 15 buah cabai rawit, 18 butir kemiri, 1 sendok teh terasi, 4 lengkuas, 3 ruas jahe, dan garam sebagai penyedap rasa.

Proses pemasakan dimulai dengan menumis bumbu halus serta serai, pala bubuk, cengkeh, daun jeruk, daun salam sampai tercium aroma harum. Setelah itu masukan ayam, garam, merica, gula dan air. Masak dengan api yang kecil saja agar panasnya merata hingga empuk selama 20 menit. Tahap selanjutnya panggang ayam pada bara api yang panas sambil olesi dengan bumbu.

Jika ayam sudah matang maka anda bisa menyiapkan bumbu sambal bali dengan bahan bawang merah, bawang putih dan cabe rawit yang dipanaskan dalam wajan berminyak. Masukan pula trasi, gula, garam dan serai. Aduk hingga matang. Setelah itu, sajikan ayam panggang dengan sambal yang lezat. Olahan resep ayam bakar bumbu bali siap menggoyang lidah pecinta kuliner.

close
close