Keindahan Kuliner Yang Tertuang Dalam Resep Ayam Taliwang

KanalResep.com -- Keindahan wisata alam memang selalu selaras dengan nikmatnya pesona kuliner yang di sajikan. Sama seperti Lombok yang melahirkan resep ayam taliwang. Perpaduan indah antara tempat berlibur dengan olahan daging ayam dengan cita rasa pedas yang khas. Ayam taliwang merupakan ikon dan kota Lombok dan sangat sering wisatawan yang berkunjung ke sana berburu makanan pedas ini.

Nama taliwang sendiri berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Uniknya lagi, ayam yang digunakan adalah ayam yang baru berusia 3-5 tahun yang besarnya kira-kira sebesar burung puyuh. Dan saat ini ayam goreng taliwang sudah sangat familiar di restoran-restoran di kota-kota besar.

Walaupun terkenal,tidak berarti ayam taliwang tidak bisa dibuat di dapur pribadi. Siapkan saja 1 ekor ayam kampung yang dadanya dibelah dengan tidak putus, serta tekan supaya melebar. Siapkan 1,75 sendok teh jeruk limau dan 2 sendok makan minyak goreng.

Untuk bumbu ayam taliwang, siapkan 5 buah cabai merah, 4 buah cabai rawit, 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 2 buah tomat, 1 sendok teh terasi, kencur, 2 sendok teh gula merah, 1 sendok makan garam, 7 sendok makan untuk menumis bumbu. Setelah semua bahan tersebut siap, maka proses memasak bisa langsung dimulai. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahan-bahannya tidak sulit didapatkan.

Proses pengolahan ayam taliwang dimulai dengan menumis bumbu halus sampai tercium aroma harum yang khas, kemudian masukkan air jeruk limau kemudian angkat campuran bumbu tersebut. Tinggalkan bumbu yang  sudah jadi, sekarang beralih ke ayam. Oleskan permukaan ayam dengan minyak goreng kemudian bakar ayam sampai menunjukkan warna kecoklatan. Pastikan panas dapat tersebar merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kemudian selama proses pemanggangan, tusuk-tusuk ayam sambil dioleskan bumbu agar bisa meresap dengan cepat.

Proses terakhir adalah pembakaran sampai matang. Saat matang, siram dengan air jeruk limau dan sajikan. Resep ayam taliwang ini sangat cocok jika disandingkan dengan nasi dan plecing kangkung yang pastinya akan menambah nikmat dan kelezatannya. (kanalResep)

BACA JUGA: Resep dan Cara Membuat Ayam Balado Padang
close
close