Resep dan Cara Memasak Ayam Bakar Rica Manado

KanalResep.com -- Ayam bakar rica manado merupakan makanan lezat yang menjadi salah satu makanan khas orang Manado. Untuk membuat makanan lezat ini tidaklah sesulit yang ada di pikiran kita. Anda cukup membaca artikel ini, lalu mempraktekkan sendiri resep ayam bakar rica Manado yang akan dijelaskan nanti. 

Pertama, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah: 
1 ekor ayam kampong yang telah dibelah menjadi 8, 800 cc 
 air putih, 
1 sdt garam, 
1 sdt air perasan jeruk nipis, 
4 sdm minyak untuk menumis, 
5 lembar daun jeruk, dan 
3 cm jahe yang telah dimemarkan. 
Selanjutnya bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat bumbu rica-rica adalah 7 buah cabai merah, 10 buah cabai rawit merah, 6 siung bawang merah, 1 sdt merica, 1 sdt gula pasir, dan garam garam secukupnya. 

 Cara Memasak Ayam Bakar Rica Manado


Haluskan bumbu-bumbu ini, lalu sisihkan. Anda juga perlu menyiapkan satu buah tomat merah, iris tipis-tipis, lalu sisihkan bersama bumbu yang telah dihaluskan tadi. 

Untuk anda yang tidak terlalu suka dengan pedas, anda bisa mengurangi jumlah cabai yang telah disebutkan tadi, atau jika anda sangat suka pedas, jumlahnya pun bisa ditambahi. 

 Setelah bahan-bahan sudah disediakan, yang harus dilakukan kemudian adalah mengolah bahan-bahan tersebut menjadi masakan ayam bakar rica Manado yang lezat. 

Cara memasaknya tentu sangat mudah. Pertama, sebelum dimasak, lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu sampai harum. Setelah itu, masukkan daun jeruk dan jahe, masukkan juga daging ayam, tambahkan air, kemudian masak hingga bumbu meresap dan ayam menjadi lunak. Nah, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memasak ini kurang lebih 30 menit. 

Setelah matang, angkat daging ayamnya, kemudian bakar ayam dengan sesekali diolesi menggunakan sisa bumbu yang masih ada. Terakhir, sajikan ayam bakar rica dengan sisa bumbu ketika memasak ayam tadi, dan juga nasi hangat. Porsi resep ayam bakar rica Manado ini cukup untuk 4 porsi. (KanalResep)


close
close