Resep Sate Lilit Bali Yang Gurih

Bali sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Kota ini sangat sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Disana ada sebuah makanan yang sudah terkenal kenikmatannya yaitu sate lilit khas Bali. Sate ini sangat unik sekali, karena dibuat dari bahan dasar ikan. Selain unik sate ini juga sangat nikmat, dengan perpaduan aroma dari ikan dan serai yang sangat menggiurkan. Disini yang akan memberikan resep sate lilit bali yang hanya ada di restoran-restoran khas Bali.

Untuk membuat sate lilit khas Bali bahan yang diperlukan antara lain daging kakap yang sudah digiling, udang giling, kelapa parut kasar, cabai rawit hijau (cincang halus), daun salam, daun jeruk yang diiris tipis dan dibuang tulangnya, putih serai yang dimemarkan, asam jawa, merica hitam tumbuk kasar, garam, gula merah, minyak untuk menumis, serai. Selain bumbu utama, adanya juga bumbu yang harus dihaluskan yaitu cabe merah besar (buang bijinya), bawang putih, bawang merah, kunyit (bakar), jahe, kemiri sangrai, terasi bakar. Semua bumbu itu dapa anda kira-kira sendiri sesuai dengan banyak sate yang akan dibuat oleh anda.

Cara membuatnya pertama-tama tumis terlebih dahulu bumbu yang sudah dihaluskan tadi, cabai rawit hijau, daun salam, daun jeruk, serai dan asam jawa hingga harum lalu angkat dan biarkan sampai dingin. Lalu aduk rata dengan menggunakan blender daging ikan, udang, kelapa, garam, merica hitam yang ditumbuk kasar, gula merah dan bumbu tumis menjadi satu. Setelah bahan-bahan tersebut menjadi adonan barulah anda bentuk adonan itu menjadi seperti pentol korek dengan menggunakan batang serai yang sudah kita siapkan diawal. Tempelkan adonan tersebut ke batang serai (jangan terlalu banyak). Kemudian jika anda selesai menempelkan adonan ke batang serai, langkah selanjutnya adalah bakar menggunakan griller atau oven hingga matang. Setelah semua matang, anda dapat menyajikan sate lilit Bali dengan menggunakan nasi dan sambal mentah. Itulah tadi sekilas mengenai resep sate lilit Bali. Silahkan anda coba di rumah bagi yang ingin mencobanya.
close
close