Resep Ayam Bakar Padang yang Menggugah Nafsu Makan

KanalResep.com -- Ayam bakar tentu akan sangat menggoda selera jika disajikan di saat yang tepat dengan olahan yang pas juga. Banyaknya metode olahan ayam bakar membuat rasa masakan ini semakin beragam dan semua ditentukan oleh selera masing-masing pribadi. Salah satu olahan ayam bakar yang terkenal adalah ayam bakar khas padang. Resep ayam bakar padang cukup familiar dan terkenal sehingga tidak sulit untuk membuat olahan ayam bakar khas padang. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan dan untuk para koki rumah tangga bisa dengan segera mempraktekkan olahan ayam bakar khas padang ini untuk di santap bersama keluarga tercinta.



Untuk persiapannya, sediakan bahan-bahan seperti 1 ekor ayam buras dan 1 butir kelapa tua serta tepung terigu secukupnya. Untuk membuat bumbu ayam bakar padang persiapkan juga beberapa bahan seperti 2 butir kemiri, 6 batang cabe merah, 1 ruas jari kunyit, 1 ruas jari lengkuas, 1 batang serai, 4 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, dan daun kemangi secukupnya sesuai dengan selera. Jangan lupa juga untuk menyiapkan 1 sendok makan air asam serta garam secukupnya.

Aplikasi resep ayam bakar padang juga sangat mudah untuk dilakukan. Belah ayam menjadi dua bagian dan pastikan cuci ayam sampai bersih. Ayam yang sudah dicuci dan dibelah kemudian ditaburi dengan tepung dengan merata untuk menghilangkan bau anyir yang terdapat pada ayam. Bahan-bahan bumbu seperti bawang putih, cabe, kunyit, ketumbar, kemiri, serta bawang merah lalu digiling sampai halus, lalu masukkan potongan ayam tadi ke dalam bumbu. 

Diamkan selama 1 jam agar bumbu dapat meresap ke dalam daging. Siapkan kelapa kemudian parut dan ambil santannya. Air santan kemudian didihkan dan ditambahkan serai dan lengkuas, garam dan air asam tak lupa dimasukkan. Rendam ayam dalam santan. Saat santan sudah mengental dan berminyak, angkat ayam kemudian bakar di atas bara sambil diolesi sisa bumbu yang masih tersisa. Pastikan saat membakar, panas masuk merata ke dalam daging untuk mendapatkan rasa yang maksimal.

(BACA JUGA: Bosan Dengan Bacem Tempe, Rasakan Nikmatnya Resep Bacem Babat Iso )


close
close