Resep dan Cara Membuat Ayam Balado Padang

KanalResep.com -- Masakan padang adalah sebuah masakan yang sangat terkenal, tidak hanya di Indonesia saja, melainkan telah merambah pasar mancanegara. Masakan dengan rasa khas pedas ini hampir banyak tersaji di berbagai daerah di Indonesia. Rumah makan padang juga hampir dapat ditemui di seluruh pelosok kota yang tersebar tidak hanya di padang saja. Salah satu masakan padang yang paling nikmat adalah ayam baladonya.  Resep ayam balado padang yang nikmat ini sebenarnya bisa dibuat sendiri di dapur rumah anda.


Caranya adalah dengan menyediakan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam balado padang, kemudian memasaknya sesuai ketentuan yang akan dijelaskan berikut ini.


Bahan-bahan untuk membuat ayam balado padang diantaranya adalah sebagai berikut. Pertama, 1 ekor ayam kampong berukuran sedang, cuci sampai bersih, kemudian potong menjadi 4 bagian. Kedua, 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, dan minyak untuk menggoreng. Selanjutnya untuk bahan-bahan yang diperlukan guna membuat bumbu halus diantaranya adalah bawang merah, 6 butir, cabai merah sebanyak 8 buah, cabai rawit pedas sebanyak 5 buah, dan garam secukupnya. Haluskan bumbu-bumbu ini sampai benar-benar halus.

Selanjutnya untuk cara memasak ayam balado padang adalah sebagai berikut. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melumuri seluruh permukaan ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, ungkep  ayam hingga lunak, bila diperlukan, anda bisa menambahkan air. Setelah lunak, angkat ayam dan sisihkan. 

Panaskan minyak, kemudian goreng ayam hingga berwarna kuning keemasan, angkat, kemudian tiriskan. Panaskan kembali sekitar 2 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu, masukkan bumbu haus, tumis sampai harum, kemudian masukkan ayam dan masaklah hingga bumbu meresap. Setelah matang sempurna, angkat dan sajikan selama masih hangat. 

Demikian adalah resep sederhana untuk membuat Ayam Balado Padang. Agar lebih nikmat, anda bisa menambahkan kerupuk dan juga bawang goreng yang ditaburkan di atas Ayam Balado padang anda. Resep ayam balado Padang yang dijelaskan dalam artikel ini adalah resep yang paling sederhana yang sangat mudah dipraktekkan di dapur anda. 


(BACA JUGA: Resep Ayam Bakar Padang yang Menggugah Nafsu Makan )

close
close