Membuat Masakan Lezat- Resep Pepes Udang Mangga

Udang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat, dan kali ini kita akan mengolahnya menjadi masakan yang unik dengan rasa pedas manis yang khas olahan udang. Ada resep pepes udang mangga yang bisa anda olah sendiri di rumah. Perpaduan rasa pedas manis tersebut bisa anda peroleh dari beberapa dari bahan-bahan yang akan kita gunakan nanti. Rasa pepes yang satu ini sangat berbeda dari pepes ikan maupun ayam, karena memang menggunakan udang yang punya rasa tersendiri yang khas. Yuk mari kita mencoba membuat dan mengolah resep pepes yang satu ini.


Ada beberapa bahan yang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Untuk bahan baku utamanya adalah udang, pastikan untuk menggunakan jenis udang jerbung dan juga seperti olahan udang biasanya, pisahkan kepala udang karena tidak digunakan dalam masakan kita kali ini. Lalu untuk bahan lainnya, gunakan cabai rawit sebanyak 5 buah saja, daging mangga kurang lebih 150-200 gram, dan juga tahu putih sebanyak 50 gram dan dihaluskan, lengkuas, daun salam, dan tentu saja khas pepes yaitu menggunakan daun pisang. Kemudian soal bumbu kasar, kita gunakan bawang merah, bawang putih, daun jeruk, cabai merah keriting, gula pasir, garam, secukupnya, dan pastikan gunakan merica “A”. Jika semua bahan sudah siap, mari kita olah bahan-bahan tersebut.

Cara mengolah bahan-bahan tersebut adalah sebagi berikut. Campurkan bahan-bahan tadi dengan cara dihaluskan, masukkan udang jerbung dan aduk hingga merata, kecuali daun pisang dan daun salam karena itu kita gunakan untuk membungkus. Jika udang jerbung sudah rata dengan bumbu, letakkan daun salam diatas daun pisang, selanjutnya adonan di atas daun salam dan bungkus dengan rapi, kunci dengan lidi. Kukus adonan dalam daun pisang tersebut selama kurang lebih 20 menit saja. Kemudian bakar hingga sebentar saja hingga tercium bau harum, jangan terlalu lama ya. Nah, masakan dari resep pepes udang mangga siap anda nikmati. Selamat mencoba dan pastikan gunakan merica “A” agar rasa masakan anda lebih mantap.
close
close